About Mainboard

Pengertian Mainboard

Apa sih Mainboard ini? Dan apa kegunaannya? Mainboard ini sebenarnya sama saja dengan Motherboard. Kenapa bagian ini adalah bagian yang terpenting dari komputer, karena mainboard adalah tempat melekatnya semua komponen lain pada komputer. Untuk lebih merinci, silahkan baca dibawah.

Motherboard berupa papan elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bisa di slot-kan atau dipasangkan mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Terdapat slot khusus yang digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan dengan socket dan slot 1. Motherboard mempunyai beberapa jenis socket yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.

Fungsi

Sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan berbagai komponen, misalnya prosesor, VGA card, sound
card, memori, dan lain-lain.Sebagai media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer. Misalnya prosesor untuk memberi perintah kepada komponen lain seperti memori atau harddisk dengan menggunakan jalur pada motherboard yang disebut bus clock.

Istilah pada motherboard:

Slot dan soket prosesor : Tempat meletakkan dan memasang prosesor di motherboard dengan dilengkapi kait pengunci agar prosesor yang terpasang tidak bergerak. Bentuk soket ini disesuaikan dengan tipe prosesor yang akan digunakan. Chipset motherboard Kombinasi cip pada motherboard yang berfungsi menjembatani aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa komponen utama dan tambahan pada motherboard.

CMOS/BIOS : Adalah cip yang berisi software BIOS. Dibuat oleh pabrik pembuat motherboard. Berfungsi membaca dan mendata komponen hardware yang terpasang pada motherboard. Dari software BIOS ini kita dapat mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa komponen yang ada di dalam motherboard, misalnya kita ingin menonaktifkan fungsi VGA onboard karena kita ingin menggunakan VGA card pada slot AGP. CMOS BIOS yang sering digunakan pada motherboard sekarang adalah AMI BIOS, AWARD BIOS, dan Phoenix BIOS. Baterai CMOS Baterai CMOS merupakan sumber tegangan pada CMOS/BIOS yang berfungsi menyimpan konfigurasi setting CMOS/BIOS agar tidak berubah setiap komputer dimatikan atau dinyalakan.

SIMM & DIMM :Slot yang berbentuk persegi panjang tipis dan mempunyai pin (kaki) yang banyak. Slot ini untuk meletakkan memory card.

Port paralel IDE : Port paralel IDE mempunyai kaki 40 pin yang berfungsi menancapkan kabel IDE yang terhubung ke harddisk dan CD-Rom, CD-RW, DVD-Rom, dan DVD-RW

Port floppy disk (FDD) : Port FDD ini mirip dengan port paralel IDE, tetapi hanya terdiri atas 34 pin yang berguna sebagai tempat meletakkan kabek FDD yang terhubung dengan floppy disk.

Slot PCI : Saluran 32 bit dan 64 bit standar local bus yang mengikat bus ekspansi langsung.

Slot AGP : Slot VGA jenis baru yang menggunakan saluran 128 bit dan khusus untuk meningkatkan kinerja video adapter tiga dimensi yang dinamakan AGP. Slot ini digunakan khusus untuk meletakkan VGA card jenis AGP. Seri motherboard yang baru telah menambah slot khusus untuk VGA card jenis PCI yang mempunyai kecepatan transfer data lebih cepat dibanding slot AGP, yaitu slot PCI Express 16x.

Slot AMR : Kotak kecil berukuran pendek yang digunakan hanya oleh modem dengan dukungan audio, bekerja pada bus 128 bit.

Slot CNR : Kotak yang digunakan untuk jaringan (network) yang bekerja pada bus 128 bit. PIN group atau front panel Sekumpulan konektor yang berrhubungan dengan kabel reset, HDD, LED, Power LED, speaker casing, dan saklar tombol ON/OFF pada casing. Port power supply motherboard. Sebagai tempat menancapkan konektor kabel power supply yang ada pada casing. Port I/O motherboard merupakan tempat dipasangnya konektor peralatan I/O yang terdapat di motherboard. Dan biasanya terdapat dibagian belakang casing. Setiap port I/O berada dibawah kontrol prosesor.

Jenis I/O port

– 1. Port paralel (LPT1 atau LPT2)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara paralel. Contoh peralatannya adalah printer dan scanner.

– 2. Port Serial (Com 1, Com 2)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan
yang menggunakan port ini adalah mouse dan modem.

– 3. Port AT/PS2
Umumnya digunakan untuk masukan konektor keyboard dan mouse.

– 4. Port USB (Universal serial bus)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan
yang menggunakan port ini adalah camera digital, scanner, printer USB, handycam, dan peraltan tambahan eksternal.

-5. Port VGA
Port yang berhubungan langsung dengan layar. Port ini terdapat pada motherboard yang
menggunakan chipset VGA on board atau menggunakan VGA card yang diletakkan pada slot AGP.

-6. Port Audio Port
yang berhubungan langsung dengan peraltan audio, misalnya tape, radio, speaker, atau mikrofon. Motherboard sekarang sudah banyak yang menggunakan chipset audio on-board.

– 7. Port LAN
Port yang dihubungkan dengan kabel LAN/jaringan yang menggunakan kabel konektor jenis RJ45. Port ini sudah terdapat pada motheboard, karena seringkali chipset motherboard sudah memberikan fasilitas LAN on-board pada motherboardnya.

8 ) FSB (front side bus) : Merupakan fasilitas jalur data yang menghubungkan antara
komponen northbrige seperti memori dengan prosesor. Melalui FSB inilah data akan berjalan dari memori ke prosesor.
Nilai FSB akan menentukan besarnya nilai data yang dapat diterima oleh prosesor dalam satu detik. Semakin besar nilai
FSB, akan semakin mempercepat kinerja proses data pada prosesor, memori, dan komponen lain. Nilai FSB ini bergantung
pada chipset northbrige yang digunakan oleh motherboard. Multiplier Merupakan angka yang menyatakan seberapa cepat
frekwensi clock prosesor dibandingkan dengan clock di motherboard (FSB). Motherboard yang lama mendukung multiplier yang rendah, misalnya 1x sampai 3x, sedangkan motherboard yang baru mendukung sampai 23x. Namun ada
juga prosesor yang tidak dapat bekerja pada multiplier tertentu

9) BIOS : Adalah sekumpulan program yang disimpan pada ROM (read
only memory) yang digunakan untuk melakukan tugas dasar,
misalnya mentransfer data, mengendalikan instruksi peraltan
FDD, harddisk, keyboard, dan sebagainya. Setting jumper dan DIP switch Adalah cara untuk mengaktifkan atau tidak suatu peralatan pada kondisi tertentu. Namun kedua cara ini tidak digunakan pada perkembangan motherboard model terbaru, karena untuk mengaktifkan komponen tertentu, motherboard menggunakan setting pada BIOS dan dikenal dengan motherboard “jumper free”. hyper pada motherboard Adalah tenaga super yang dimiliki oleh motherboard untuk menunjang kinerja prosesor baru yang mempunyai kemampuan hyper.
Setting ON/OFF fungsi hyper pada motherboard dilakukan pada BIOS. Kemampuan hyper ini hanya dimiliki oleh kelas komputer pentium IV ke atas.

Berikut ini tiga chipset komputer yang menggunakan kata hyper di motherboard.

– Motherboard hyper threading (HT)
Nama resminya adalah hyper-threading technology (HTT), tetapi dikenal dimasyarakat
dengan sebutan motherboard HT. Motherboard ini dikenalkan oleh perusahaan intel atas implementasinya terhadap kemampuan prosesor dalam menjalankan kemampuan “multi-threading” , yaitu menjalankan banyak thread atas proses kerja dalam waktu bersamaan. Untuk menjalankan hyper-threading ini harus memiliki prosesor intek Pentium IV dengan fungsi HT, dan didukung oleh motherboard dengan chipset yang mendukung fungsi hyper-threading.

– Motherboard hyper transport
Fungsinya sama dengan hyper threading. Namun hyper transport dikeluarkan oleh oleh
produsen AMD dan digunakan pada prosesor dan motherboard jenis AMD saja, sedangkan hyper threading digunakan pada motherboard dan prosesor jenis intel.

-Motherboard hyper streaming
Jenis motherboard yang dikeluarkan oleh perusahaan chipset SIS. Motherboard hyper
streaming mempunyai kemampuan yang tinggi dalam menjalankan berbagai macam aplikasi dan streaming lainnya, mulai dari mendengarkan lagu, menonton film, sampai melakukan video confrence dengan internet. Jadi Motherboard jenis hyper streaming ini
difokuskan untuk mempercepat komputer yang barba sis penggunaan multi media.
Fungsi hyper pada komputer hanya berfungsi pada jenis software operation system (OS) Windows XP profesional dan Home Edition. Linux dengan kernel versi 2.4.18 atau lebih. Sekarang sudah tersedia motherboard dengan 8 slot memory yang mendukung DDR2 dan DDR3. Sejarah
Sebelum munculnya mikroprosesor, komputer biasanya dibangun dalam kasus kartu-sangkar atau mainframe dengan komponen dihubungkan oleh sebuah backplane terdiri dari sekumpulan slot sendiri terhubung dengan kabel, dalam desain yang sangat tua kabel koneksi yang diskrit antara konektor kartu pin, tapi papan sirkuit tercetak segera menjadi standar praktek. Central Processing Unit, memori dan periferal ditempatkan pada individu papan sirkuit cetak yang terhubung ke backplane.
Selama akhir 1980-an dan 1990-an, menjadi ekonomis untuk memindahkan peningkatan jumlah fungsi periferal ke motherboard (lihat di bawah). Pada akhir 1980-an, motherboard mulai memasukkan IC tunggal (disebut Super I / O chip) mampu mendukung satu set kecepatan rendah periferal: keyboard, mouse, floppy disk drive, port serial, dan port paralel. Pada akhir 1990-an, banyak komputer pribadi motherboard didukung serangkaian penuh audio, video, penyimpanan, dan fungsi jaringan tanpa perlu untuk setiap kartu ekspansi di semua, lebih tinggi-end untuk gaming 3D dan komputer grafis biasanya tetap hanya kartu grafis sebagai komponen terpisah.
Para pionir awal manufaktur motherboard yang Micronics, Mylex, AMI, DTK, Hauppauge, Orchid Technology, Elitegroup, DFI, dan sejumlah produsen yang berbasis di Taiwan.
Komputer yang paling populer seperti Apple II dan IBM PC telah diterbitkan skema diagram dan dokumentasi lainnya yang diizinkan reverse engineering-cepat dan pihak ketiga motherboard pengganti. Biasanya ditujukan untuk membangun komputer baru yang kompatibel dengan contoh-contoh, motherboard yang ditawarkan kinerja tambahan atau fitur lainnya dan digunakan untuk meng-upgrade peralatan asli pabrikan
Mainboard Istilah diterapkan ke perangkat dengan satu papan dan tidak ada ekspansi tambahan atau kemampuan. Dalam istilah modern ini akan mencakup sistem tertanam dan mengendalikan papan di televisi, mesin cuci, dll Sebuah motherboard khusus mengacu pada sebuah papan sirkuit cetak dengan kemampuan ekspansi.

Overview

Sebuah motherboard, seperti backplane, menyediakan sambungan listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi, tapi tidak seperti backplane, itu juga menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya dan perangkat.

Sebuah komputer desktop khas memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung ke motherboard. Komponen lain seperti penyimpanan eksternal, pengendali untuk menampilkan video dan suara, dan perangkat periferal dapat terpasang ke motherboard sebagai plug-in kartu atau melalui kabel, walaupun di komputer modern itu semakin umum untuk mengintegrasikan beberapa peripheral ke motherboard itu sendiri .

Sebuah komponen penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai bis dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari motherboard.

Motherboard modern mencakup, minimal:

soket (atau slot) di mana satu atau lebih mikroprosesor dapat diinstal
slot dimana memori utama sistem akan dipasang (biasanya dalam bentuk modul DIMM mengandung chip DRAM)
sebuah chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara front-side bus CPU, memori utama, dan bus perifer
non-volatile memori chip (biasanya Flash ROM dalam motherboard modern) yang berisi sistem firmware atau BIOS
sebuah clock generator yang menghasilkan sinyal clock sistem untuk menyinkronkan berbagai komponen
slot untuk kartu ekspansi (ini interface ke sistem melalui bus didukung oleh chipset)
konektor daya, yang menerima daya listrik dari power supply komputer dan mendistribusikannya ke CPU, chipset, memori utama, dan kartu ekspansi.

Selain itu, hampir semua motherboard menyertakan logika dan konektor untuk mendukung perangkat input yang umum digunakan, seperti PS / 2 konektor untuk mouse dan keyboard. Awal komputer pribadi seperti Apple II atau IBM PC hanya termasuk perangkat ini dukungan minimal pada motherboard. Kadang-kadang hardware video antarmuka juga terintegrasi ke dalam motherboard, misalnya, pada Apple II dan jarang pada IBM-kompatibel peripheral komputer seperti IBM PC Jr tambahan seperti kontroler disk dan port serial yang disediakan sebagai kartu ekspansi.

Mengingat kekuatan tinggi desain termal tinggi kecepatan CPU dan komponen komputer, motherboard modern yang hampir selalu menyertakan heat sink dan titik pemasangan untuk para penggemar untuk menghilangkan kelebihan panas.

CPU soket

Sebuah soket CPU atau slot adalah komponen listrik yang melekat pada papan sirkuit cetak (PCB) dan dirancang untuk rumah CPU (juga disebut mikroprosesor). Ini adalah jenis khusus soket sirkuit terpadu yang dirancang untuk jumlah pin yang sangat tinggi. Sebuah soket CPU menyediakan banyak fungsi, termasuk struktur fisik untuk mendukung CPU, dukungan untuk heat sink, memfasilitasi penggantian (serta mengurangi biaya), dan yang paling penting, membentuk sebuah antarmuka listrik baik dengan CPU dan PCB. Soket CPU dapat paling sering ditemukan di desktop paling dan komputer server (laptop biasanya menggunakan permukaan mount CPU), terutama yang didasarkan pada arsitektur Intel x86 pada motherboard. Sebuah soket CPU jenis dan chipset motherboard harus mendukung seri CPU dan kecepatan.
Integrated peripheral
Blok diagram motherboard modern, yang mendukung banyak on-board fungsi perifer serta beberapa slot ekspansi.

Dengan biaya terus menurun dan ukuran sirkuit terpadu, sekarang mungkin untuk menyertakan dukungan untuk banyak periferal pada motherboard. Dengan menggabungkan banyak fungsi pada satu PCB, ukuran fisik dan biaya total sistem dapat dikurangi; motherboard sangat terintegrasi dengan demikian sangat populer dalam faktor bentuk yang kecil dan komputer anggaran.

Misalnya, ECS RS485M-M, motherboard anggaran khas modern untuk komputer berbasis prosesor AMD, memiliki on-board dukungan untuk rentang yang sangat besar periferal:

pengendali hard disk untuk floppy disk drive, hingga 2 PATA drive, dan sampai 6 drive SATA (termasuk RAID 0 / 1 support)
terintegrasi graphic controller mendukung grafis 2D dan 3D, dengan VGA dan TV output
kartu suara terintegrasi mendukung 8-channel (7.1) audio dan S / PDIF output
Fast Ethernet controller untuk jaringan 10/100 Mbit jaringan
Kontroler USB 2.0 mendukung sampai 12 port USB
IrDA controller untuk komunikasi data inframerah (misalnya dengan telepon selular IrDA-enabled atau printer)
suhu, tegangan, dan kipas-sensor kecepatan yang memungkinkan perangkat lunak untuk memantau kesehatan komponen komputer

Kartu ekspansi untuk mendukung semua fungsi ini akan memiliki biaya ratusan dolar bahkan satu dekade lalu, namun hingga April 2007 sangat terintegrasi motherboard tersebut tersedia untuk sebagai sedikit sebagai $ 30 di Amerika Serikat.
slot kartu Peripheral

Sebuah motherboard khas 2009 akan memiliki nomor yang berbeda dari koneksi tergantung pada standar.

Sebuah standar ATX motherboard biasanya akan memiliki satu PCI-E 16x sambungan untuk kartu grafis, dua slot PCI untuk kartu ekspansi konvensional berbagai, dan satu PCI-E 1x (yang pada akhirnya akan menggantikan PCI). Sebuah motherboard akan memiliki standar EATX satu PCI-E 16x sambungan untuk kartu grafis, dan berbagai jumlah PCI dan PCI-E 1x slot. Kadang-kadang dapat juga memiliki slot PCI-E 4x. (Ini bervariasi antara merek dan model.)

Beberapa motherboard memiliki dua slot PCI-E 16x, untuk memungkinkan lebih dari 2 monitor tanpa hardware khusus, atau menggunakan teknologi grafis khusus yang disebut SLI (untuk nVidia) dan CrossFire (untuk ATI). Ini memungkinkan 2 kartu grafis dihubungkan bersama-sama, untuk memungkinkan kinerja yang lebih baik dalam tugas-tugas komputasi intensif grafis, seperti game dan video editing.

Pada 2007, hampir semua motherboard datang dengan setidaknya empat port USB pada bagian belakang, dengan setidaknya 2 sambungan pada papan internal untuk port depan kabel tambahan yang mungkin dibangun ke dalam kasus komputer. Ethernet juga disertakan. Ini adalah kabel jaringan standar untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau modem. Sebuah chip suara selalu disertakan pada motherboard, untuk memungkinkan output suara tanpa perlu untuk setiap komponen tambahan. Hal ini memungkinkan komputer untuk menjadi jauh lebih multimedia berbasis daripada sebelumnya. Beberapa motherboard berisi output video pada panel belakang untuk solusi grafis terintegrasi (baik tertanam di motherboard, atau dikombinasikan dengan mikroprosesor, seperti Intel HD Graphics). Sebuah kartu yang terpisah masih dapat digunakan.
Suhu dan keandalan
Artikel utama: pendinginan Komputer

Motherboard umumnya udara didinginkan dengan heat sink sering dipasang pada chip yang lebih besar, seperti Northbridge, di motherboard modern. Jika Motherboard tidak didinginkan dengan benar, dapat menyebabkan komputer crash. Pendingin pasif, atau kipas tunggal dipasang pada power supply, sudah cukup untuk komputer desktop banyak CPU sampai akhir 1990-an, sejak itu, sebagian besar diperlukan CPU fans terpasang pada heat sink mereka, karena kecepatan clock meningkat dan konsumsi daya. Kebanyakan motherboard memiliki konektor untuk penggemar kasus tambahan juga. Motherboard baru telah terintegrasi sensor suhu untuk mendeteksi suhu motherboard dan CPU, dan konektor kipas yang dikontrol BIOS atau sistem operasi dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kipas. Beberapa komputer (yang biasanya memiliki kinerja tinggi mikroprosesor, sejumlah besar RAM, dan kinerja tinggi kartu video) menggunakan sistem pendinginan air, bukan banyak fans.

Beberapa komputer faktor bentuk kecil dan home theater PC dirancang untuk bermegah operasi yang tenang dan hemat energi kipas desain. Hal ini biasanya memerlukan penggunaan CPU yang rendah daya, serta tata letak hati-hati dari motherboard dan komponen lainnya untuk memungkinkan penempatan heat sink.

Sebuah studi 2003 menemukan bahwa beberapa komputer crash palsu dan keandalan isu umum, mulai dari layar distorsi gambar ke I / O membaca / menulis kesalahan, dapat dikaitkan untuk tidak lunak atau perangkat keras perifer tetapi untuk kapasitor penuaan pada motherboard PC. Akhirnya ini terbukti sebagai hasil dari formulasi elektrolit rusak.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegagalan prematur pada motherboard PC kapasitor, lihat wabah kapasitor.

Motherboard menggunakan kapasitor elektrolitik untuk menyaring daya DC didistribusikan di sekitar papan. Kapasitor ini usia pada tingkat suhu tergantung, seperti air mereka elektrolit berdasarkan perlahan-lahan menguap. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kapasitansi dan malfungsi motherboard berikutnya karena ketidakstabilan tegangan. Sementara kapasitor yang paling dinilai untuk 2000 jam operasi pada 105 ° C, desain yang diharapkan mereka hidup kira-kira dua kali lipat untuk setiap 10 ° C di bawah ini. Pada 45 ° C seumur hidup 15 tahun dapat diharapkan. Ini muncul wajar untuk motherboard komputer. Namun, banyak produsen telah disampaikan kapasitor standar, [rujukan?] Yang secara signifikan mengurangi harapan hidup. Kasus pendinginan yang tidak memadai dan temperatur tinggi dengan mudah memperburuk masalah ini. Hal ini dimungkinkan, tapi membosankan dan memakan waktu, untuk mencari dan mengganti kapasitor gagal pada PC motherboard.
Formulir faktor
Artikel utama: Perbandingan faktor bentuk komputer
microATX faktor bentuk motherboard

Motherboard diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk disebut komputer faktor bentuk, beberapa di antaranya khusus untuk produsen komputer individu. Namun, motherboard yang digunakan dalam IBM-kompatibel untuk menyesuaikan ukuran berbagai kasus. Pada 2007, motherboard komputer yang paling desktop menggunakan salah satu [yang] faktor-bahkan bentuk standar yang ditemukan dalam komputer Macintosh dan Sun, yang tidak tradisional telah dibangun dari komponen komoditas. PC desktop saat ini faktor bentuk pilihan adalah ATX. Sebuah motherboard kasus ini dan faktor PSU membentuk semua harus sesuai, meskipun beberapa motherboard faktor bentuk yang lebih kecil dari keluarga yang sama akan cocok kasus yang lebih besar. Misalnya, kasus ATX biasanya akan mengakomodasi motherboard microATX.

Laptop komputer umumnya menggunakan sangat terintegrasi, motherboard miniatur dan disesuaikan. Ini adalah salah satu alasan bahwa komputer laptop yang sulit untuk meng-upgrade dan mahal untuk memperbaiki. Seringkali kegagalan satu komponen laptop memerlukan penggantian seluruh motherboard, yang biasanya lebih mahal daripada motherboard desktop yang karena banyaknya komponen terpadu.
Bootstrap menggunakan BIOS
Artikel utama: boot

Motherboard berisi beberapa memori non-volatile untuk menginisialisasi sistem dan beban sistem operasi dari beberapa perangkat periferal eksternal. Mikrokomputer seperti Apple II dan IBM PC chip ROM yang digunakan, dipasang di soket pada motherboard. Pada power-up, prosesor pusat akan memuat program counter dengan alamat boot ROM dan mulai menjalankan instruksi ROM, menampilkan sistem informasi di layar dan berjalan memeriksa memori, yang pada gilirannya akan mulai memuat memori dari perangkat eksternal atau periferal (disk drive). Jika tidak tersedia, maka komputer dapat melakukan tugas-tugas dari toko memori lain atau menampilkan pesan kesalahan, tergantung pada model dan desain dari komputer dan versi BIOS.

Paling modern desain motherboard menggunakan BIOS, disimpan dalam sebuah chip EEPROM disolder atau socketed ke motherboard, untuk bootstrap sebuah sistem operasi. Bila daya pertama diterapkan ke motherboard, tes firmware BIOS dan memori mengkonfigurasi, sirkuit, dan peripheral. Ini Power-On Self Test (POST) dapat mencakup pengujian beberapa perangkat berikut:

video adaptor
dimasukkan ke slot kartu, seperti PCI konvensional
floppy drive
termistor, tegangan, dan kecepatan kipas untuk hardware monitoring
CMOS digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS setup
keyboard dan mouse
kontroler jaringan
drive optik: CD-ROM atau DVD-ROM
SCSI hard drive
IDE, EIDE, atau hard disk SATA
perangkat keamanan, seperti pembaca sidik jari atau negara dari latch switch untuk mendeteksi intrusi
Perangkat USB, seperti perangkat penyimpanan memori

Pada motherboard baru, BIOS juga dapat patch microcode prosesor pusat jika BIOS mendeteksi bahwa CPU terpasang adalah satu di errata yang telah diterbitkan. Banyak perangkat di atas dapat disimpan dengan instruksi kode mesin untuk memuat sistem operasi atau program.

Cara Pemasangan
Sumber :
http://balla-online.blogspot.com/2011/05/penjelasan-lebih-merinci-tentang.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: